Xtreme Download Manager (XDM) Untuk Linux

Xtreme Download Manager atau yang biasa dikenal dengan nama XDM merupakan salah satu download manager cross platform yang bebas untuk digunakan (gratis) dan menawarkan fitur mumpuni layaknya download manager berbayar.

XDM sendiri mengatakan bahwa aplikasi ini mampu mempercepar proses download hingga 5x, atau dengan kata lain mampu melakukan download jauh lebih cepat dibanding dengan menggunakan tools sejenis.

Menawarkan antarmuka sederhana dan diperbaharui dengan design modern membuat tampilan XDM benar-benar elegan, selain itu XDM juga dikabarkan terlah mendukung hampir semua jenis web browser sehingga akan semakin memudahkan penggunanya.

Beberapa pengguna bahkan menyebutkan bahwa XDM merupakan pesaing setara dengan IDM yang merupakan tools download manager populer dikalangan pengguna Windows. Hal ini mengacu pada kemampuan XDM dalam mengolah file unduhan serta kecepatan yang ditawarkannya.

Di Linux sendiri tersedia banyak download manager, namun untuk download manager versi desktop XDM memang layak untuk dicoba karena tidak terlalu rumit penggunaannya, berbeda dengan tools sejenis yang mengharuskan untuk mengatur beberapa hal agar bisa terintegrasi dengan web browser.

Fitur yang ditawarkan XDM :

  • Download video ketika streaming.
  • Download 5x lebih cepat.
  • Mendukung (hampir) semua web browser.
  • Download resume.
  • Smart schedule, pembatas kecepatan dan antrian.
  • Mendukung proxy.
Xtreme Download Manager sendiri dapat digunakan oleh pengguna Linux, macOS, Windows secara gratis. Dan tentu saja ini adalah nilai plus karena dapat digunakan oleh hampir semua sistem operasi.
Sekilas apa yang ditawarkan XDM tidak jauh berbeda dengan download manager lainnya, namun sebagai alternatif IDM (pengguna Windows) tentu XDM merupakan salah satu yang layak untuk dicoba, dan ini juga menjadi bahan percobaan pengguna Linux yang memang tidak didukung IDM karena secara umum XDM bisa dikatakan sebagai versi freeware dari IDM.
Install Xtreme Download Manager di Ubuntu 32-bit

$ wget http://sourceforge.net/projects/xdman/files/xdm-jre-32bit.tar.xz

$ tar -xvf xdm-jre-32bit.tar.xz

$ cd xdm

$ ls -l

$ ./xdm

Install Xtreme Download Manager di Ubuntu 64-bit

$ wget http://sourceforge.net/projects/xdman/files/xdm-jre-64bit.tar.xz

$ tar -xvf xdm-jre-64bit.tar.xz

$ cd xdm

$ ls -l 

$ ./xdm 

Atau, silahkan download file instalasi melalui laman Download XDM.

Untuk pengguna Windows dan macOS juga silahkan menuju halaman tersebut untuk mengunduh file instalasi XDM.