Ubuntu Mate 17.10 Beta 1 Sudah Dirilis

Linux Ubuntu Mate

Ubuntu Mate merupakan distro turunan dari Ubuntu yang dikembangkan dengan Mate Desktop dan dikenal sangat ramah dengan spesifikasi komputer yang rendah. Beberapa hari yang lalu Mate telah merilis versi beta untuk periode 2 tahun ini, yang artinya pengguna sudah bisa mencicipi Ubuntu Mate 17.10 tanpa harus menunggu rilis resminya pada oktober nanti.

Pada versi terbarunya ini Ubuntu Mate menawarkan beberapa perubahan tampilan, salah satunya adalah perubahan layout panel yang jika diteliti akan sedikit mirip dengan windows 10 namun tampilan yang ditawarkan lebih sederhana. Sementara untuk fitur lainnya masih sama seperti Mate versi sebelumnya dan hanya terdapat beberapa perubahan kecil untuk mempermudah pengguna.

Aplikasi Default Ubuntu Mate

Sama seperti Ubuntu yang menjadi basisnya, aplikasi atau software bawaan Mate tidak jauh berbeda dimana LibreOffice masih menjadi aplikasi office default. Sedangkan untuk aplikasi lainnya seperti pemutar musik dan sebagainya masih sama seperti versi sebelumnya, tapi pengguna dapat menggantinya dengan aplikasi pihak ketiga lainnya yang mendukung sistem operasi Linux.
Menyinggung masalah aplikasi default, pengguna bebas melakukan instalasi aplikasi yang lebih sesuai termasuk jika menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi dari platform lain. Salah satu aplikasi yang sering mengalami crash (ketika dibuka pada platform lain) adalah Office, dimana biasanya struktur terlihat kurang sesuai atau bahkan file rusak. Solusinya adalah dengan menjalankan aplikasi office platform lain melalui emulator atau dengan mengakses secara online.

Apa Yang Baru Pada Ubuntu Mate 17.10

Panel Layouts
Fokus pembaharuan yang dilakukan Mate lebih mengarah pada panel layout, perubahan tersebut dilakukan berdasarkan feedback yang didapatkan dari para penggunanya. Berikut adalah pembaharuan yang terdapat pada Ubuntu Mate 17.10:
  • Mutiny mirip seperti antarmuka Unity 7.
  • Cupertino menawarkan sesuatu yang mirip seperti macOS.
  • Redmond mempermudah pengguna baru (yang terbiasa menggunakan Windows).
  • Pantheon gabungan antara desktop linux versi lama dengan gaya modern.
  • Contemporary perpaduan layout dari tampilan lama dengan gaya baru.
  • Netbook
  • Traditional




Global Menu
Dukungan Global Menu yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, dimana pengguna memiliki ruang desktop yang lebih luas. Berbeda dengan versi pendahulunya yang memiliki sedikit ruang karena Global Menu yang kurang memadai.
Super Key
Dukungan tombol yang lebih lengkap dan tersedia pada layout panel. Dengan adanya tombol khusus maka pengguna dapat dengan mudah mengunci layar, mengakses program tertentu dan lainnya hanya dengan memanfaatkan keyboard tanpa harus menggunakan kursor untuk mengakses sistem.
Pembaharuan lain yang terdapat pada Ubuntu Mate 17.10 adalah sebagai berikut:
  • Heads-Up Display
  • Indicators menawarkan panel yang lebih lengkap, seperti indikator blustooth, wifi/internet, pesan, sesi dan sebagainya.
  • Mate Tweak pengaturan yang lebih baik dan lebih lengkap, dimana pengguna dapat menghapus pengaturan sebelumnya yang tersimpan.

Download Ubuntu Mate 17.10 Beta 1

Posted by Abdul Kholiq Hasan