Solusi Android Yang Lambat Menggunakan Startup Manager

Bukan sebuah hal baru jika Android menjadi salah satu sistem operasi ponsel paling populer untuk saat ini, terlebih lagi sekarang ini banyak vendor yang menawarkan pilihan ponsel berbasis Android dengan harga terjangkau. Salah satu problem yang sering dikeluhkan pengguna Android adalah bahwa ponsel yang digunakan terasa lambat dan atau berat, dan kebanyakan solusi yang sering menjadi pilihan adalah dengan melakukan flashing atau install ulang sistem operasi bahkan mengganti dengan custom rom yang dianggap lebih ringan.

Apakah dengan mengganti custom rom menjadi solusi tepat?
Jawabannya bisa Ya, bisa juga Tidak. Hal itu tergantung pada pemakaian, karena tidak sedikit yang akhirnya kembali mengeluh ponsel menjadi lambat meski sudah mengganti dengan custom rom yang ringan.

Untuk yang memiliki uang lebih tentu saja solusi tepat adalah membeli ponsel baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi, namun bagi yang kantongnya menengah kebawah tentu cukup berat jika harus membeli ponsel baru.

Salah satu solusi untuk membuat Android terasa lebih ringan adalah dengan menggunakan aplikasi versi lite, namun terkadang hal itu tidak terlalu membantu. Solusi lainnya adalah dengan mematikan fungsi-fungsi yang tidak diperlukan, sehingga sistem tidak bekerja terlalu berat. Mengenai bagaimana mematikan fungsi yang tidak diperlukan tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi tersebut bernama Startup Manager.

Startup Manager menawarkan kemampuan untuk mengurangi beban kerja sistem Android sehingga ponsel akan terasa lebih ringan, yang menjadi nilai plus adalah bahwa aplikasi ini tidak membutuhkan akses root sehingga ponsel akan berada dalam keadaan standar.

Cara kerja Startup Manager sangat sederhana, pengguna hanya perlu menekan tombol (-) yang berwarna biru sehingga menjadi warna gelap yang artinya sistem di non-aktifkan. Selanjutnya akan terasa perbedaan antara sebelum dan sesudah mematikan fungsi yang tidak digunakan.

Pengujian yang sudah dilakukan, Admin menggunakan Startup Manager pada ponsel Huawei Y5 yang memiliki ram 1gb dengan sistem operasi Android Kitkat. Perbedaan sangat terasa dimana sebelumnya ponsel sering macet ketika membuka aplikasi berat seperti Facebook, BBM, Line, dan setelah menggunakan aplikasi tersebut ponsel terasa nyaman/ringan meski menjalankan banyak aplikasi berat.

Startup Manager bisa didownload secara gratis di Play Store.