Software Office Terbaik Untuk Linux

Software Office atau yang bisa kita gunakan untuk mengolah kata (Word), angka (exell), dan presentasi tentu merupakan sebuah software yang harus ada dalam sebuah komputer. Hal ini mengacu pada kegiatan hampir semua pengguna yang berhubungan dengan hal tersebut. Misal untuk membuat laporan, data presentasi dan sebagainya.

Di Linux ada cukup banyak pilihan software yang bisa digunakan, namun manakah yang cocok dan mendukung untuk penggunaan tersebut masih menjadi pertanyaan besar karena memang setiap software memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Kekurangan yang paling mencolok atau yang sangat terlihat adalah ketika membuka file office dengan platform lain, misalkan file dikerjakan melalui Linux kemudian dibuka melalui Windows tentu akan terdapat crash meski tidak terlalu parah. Hal ini sebenarnya wajar saja, namun terkadang menjadi sebuah masalah jika ternyata perbedaan atau katakanlah crash yang terdapat tidak sedikit.

Untuk meminimalisir hal tersebut, tentu memilihi software yang tepat menjadi sebuah keharusan, bukan hanya karena untuk mengurangi crash ketika cross platform melainkan juga untuk kenyamanan penggunaan.

Berikut Software Office yang bisa digunakan untuk Linux :

LibreOffice tentunya bukan software yang asing bagi pengguna Linux, karena sebagian distro memang mendukung LibreOffice secara default dan juga karena penggunanya memang cukup banyak sehingga bisa dikatakan sebagai yang populer dikalangan pengguna Linux. LibreOffice sendiri menawarkan banyak hal, bahkan fitur yang ditawarkan layaknya software berbayar. Kemampuannya dalam mengolah data tidak diragukan dan juga menawarkan antarmuka yang modern.
WPS Office, masih tergolong baru namun kemampuannya bisa dikatakan cukup memuaskan. Hal ini terbukti bahwa WPS Office juga menjadi pilihan banyak vendor mobile untuk disertakan pada perangkat Android, selain itu WPS juga mendukung cross platform yang tentu memungkinkan mengurangi crash file yang terjadi akibat platform berbeda.
Dari sekian alternatif atau pilihan software Office untuk pengguna Linux, dua software diatas berada pada urutan teratas untuk digunakan. Hal itu melihat dari fitur serta kemampuan yang ditawarkan, dan tentu saja gratis atau bebas untuk digunakan.
Alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Google Docs, sebuah layanan gratis yang disediakan oleh Google dan bisa dipaastikan semua platform mendukunganya karena basisnya adalah web.
Terlepas dari semua itu, LibreOffice memang menjadi pilhan pertama bagi para pengguna Linux. Hal in terbukti dengan banyaknya distro yang mendukung LibreOffice secara default pada sistem operasi sehingga pengguna tidak perlu melakukan instalasi secara manual.
Mengenai mana yang terbaik, hal ini kembali pada masing-masing pengguna. Namun secara umum LibreOffice memang masih menjadi pilihan pertama para pengguna Linux. Untuk mengetahui software mana yang tepat untu digunakan, ada baiknya melakukan percobaan untuk setiap software, sehingga dapat memastikan software yang tepat untuk masing-masing pengguna. Namun, secara umum sebenarnya sama saja, hanya tinggal menyesuaikan selera.

Posted by Abdul Kholiq Hasan