Pilihan Cloud Computing Untuk Pengguna Linux

Cloud Computing atau lebih mudahnya sebut saja dengan penyimpanan data berbasis online tentunya bukan lagi sebuah hal baru bagi para pengguna komputer, terlebih lagi saat ini dengan semakin majunya teknologi (katakanlan smartphone) hampir semua orang (tidak hanya pengguna komputer) dapat menikmati atau menggunakan layanan tersebut.

Teknologi Cloud Computing memang tidak sepenuhnya aman, namun dapat membantu untuk menyimpan file-file sebagai backup atau data sekunder sebagai cadangan jika sesuatu terjadi pada perangkat yang digunakan, dan atau sebagai penyimpanan kedua jika penyimpanan fisik kurang memadai.

Dalam beberapa hal, Cloud Computing bisa dikatakan cukup membantu. Dimana pengguna dapat berbagi data secara global maupun khusus kepada pengguna lain tanpa harus membuat penghubung perangkat fisik. Cloud Computing sendiri banyak digunakan oleh perusahaan/instansi maupun individu selain sebagai cadangan data juga tempat untuk berbagi data karena kemudahan aksesnya.

Sekarang ini, ada banyak pilihan layanan Cloud Computing (komputasi awan) yang bisa digunakan. Mulai dari layanan yang bebas untuk digunakan (gratis) sampai dengan layanan premium yang menawarkan berbagai keunggulan seperti kapasitas penyimpanan tak terbatas.

Untuk pengguna Linux sendiri ada cukup banyak layanan yang tersedia, sehingga pengguna bebas menentukan layanan mana yang akan digunakan. Namun, dalam hal ini Geropos hanya akan membahas dua layanan yang bisa digunakan secara gratis dan bisa terintegrasi dengan perangkat komputer, dan tentu saja mudah dalam penggunaannya.

Berikut layanan Cloud Computing untuk pengguna Linux :

  • Dropbox
  • Mega Sync
Dropbox, layanan penyimpanan virtual yang sudah cukup lama malang melintang dan tentu sudah banyak dikenal pengguna. Menawarkan layanan secara gratis dengan penyimpanan terbatas berkisar 2GB untuk pengguna terdaftar (gratis) dan menyediakan sistem referral dimana pengguna akan mendapatkan bonus kapasitas untuk beberapa kasus, seperti menghubungkan akun dengan sosial media maupun merujuk orang lain untuk menggunakan Dropbox.
Mega Sync, atau yang biasa dikenal dengan Mega menawarkan kapasitas 50GB untuk pengguna terdaftar (gratis). Layanan ini memang bisa dikatakan sebuah terobosan baru dan cukup memanjakan pengguna dimana Mega menawarkan kapasitas yang lumayan besar untuk layanan gratisnya.
Dari kedua layanan diatas, Mega bisa dikatakan layak untuk menjadi opsi pertama. Hal ini mengacu pada kapasitas yang ditawarkan. Dan salah satu strategi atau cara agar memiliki kapasitas tak terbatas adalah dengan membuat akun sebanyak mungkin, dengan begitu pengguna dapat menyimpan banyak file/data tanpa harus khawatir kapasitas tidak memadai atupun khawatir tidak memiliki biaya untuk menambah kapasitas.
Layanan lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan Google Drive, layanan penyimpanan yang ditawarkan Google ini juga bisa dimanfaatkan sebagai Cloud Computing dan seperti cara pada umumnya untuk mendapatkan layanan gratis dengan kapasitas tak terbatas adalah dengan membuat akun sebanyak mungkin.
Senarnya masih ada banyak layanan lain yang bisa dimanfaatkan, dan tentu saja setiap penyedia layanan menawarkan hal berbeda. Tinggal bagaimana pengguna melihat dan membandingkan dengan tingkat kebutuhan. 
Dan untuk layanan dengan fitur mumpuni atau katakanlan kapasitas tak terbatas tanpa harus repot membuat banyak akun, memang layanan premium lebih disarankan. Namun, untuk pengguna gratisan hal atau cara seperti ini masih menjadi pilihan terbaik karena tidak membutuhkan biaya tambahan.