Paket Internet Unlimited Smartfren, Cocok Untuk Blogger

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan primer untuk saat ini, baik itu kalangan umum maupun kebutuhan khusus.

Di Indonesia sendiri ada banyak pilihan layanan internet, mulai dari provider selular hingga layanan wifi. Namun, bagi kalangan menengah kebawah, wifi masih terlalu mahal.

Harga paket internet yang sering digunakan secara umum bervariasi. Tersedia paket dengan harga sangat terjangkau hingga ratusan ribu, tergantung kebutuhan masing-masing.

Sayangnya, jika di adu dengan kebutuhan, bisa dikatakan biaya untuk kuota internet kurang lebih sama dengan biaya wifi bulanan.

Sebelumnya mohon maaf, tulisan ini bukan sebuah promosi atau artikel berbayar. Hal ini murni dari apa yang saya gunakan saat tulisan ini dibuat.

Kalau bicara fakta, ada banyak harga paket yang lebih murah dengan kuota besar (misalnya: 30GB, 60GB dengan masa aktif 30 hari). Masalahnya, paket tersebut hanya bisa digunakan pada jam 00-06 WIB.

Artinya harus merubah jam tidur, dimana pada malam hari adalah untuk bekerja dengan kuota internet melimpah. Awalnya saya pun seperti ini.

Tapi setelah berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke Smartfren yang menyediakan layanan internet unlimited murah.

Memang tidak terlalu cepat, namun sebanding dengan harga yang ditawarkan. Setidaknya aktivitas saya bisa berjalan, termasuk blogging, game, live stream dan sebagainya.

paket internet unlimited smartfren
sumber gambar: Smartfren

Kenapa Harus Memilih Smartfren?

Saya tidak suka membandingkan, namun jika menggunakan kuota pastinya aktivitas saya akan terhambat. Anda pasti setuju akan hal itu.

Misalkan saya memiliki kuota 60GB dengan masa aktif 30 hari, apakah cukup untuk game, live stream, stream Youtube, akses media sosial, blogging, dan sebagainya?

Seharunya memang cukup dengan kuota sedemikian, tapi dalam 2 minggu pasti harus melakukan isi ulang.

Jika harga kuota 60GB adalah Rp 40.000, berarti dalam sebulan pengeluaran Rp 80.000, tambah sedikit lagi cukup untuk biaya wifi. Ya mending masang wifi.

Saya pribadi memilih menggunakan Smartfren karena harganya terjangkau (Rp 65.000 / 30 hari), bebas akses apapun dan memenuhi kebutuhan internet saya.

Tapi karena harganya murah, tentu ada konsekuensi yang harus diterima. Yaitu adanya batas pemakaian wajar 1GB per hari, dan kecepatan akan disesuaikan (lebih tepatnya diturunkan).

Hal itu bukan masalah, karena meski speed turun, saya masih bisa bebas akses apapun. Poin penting bagi saya adalah masih cukup untuk mengurus blog ini.

Apakah Paket Ini Cocok Untuk Blogger?

Saya katakan, ya.

Paket internet unlimited murah dari Smartfren ini sangat cocok untuk blogger. Kecuali untuk blogger yang upload software, lupakan saja, mereka butuh akses wifi yang cepat.

Alasan kenapa paket internet unlimited ini cocok bagi para blogger, tentu saja karena harganya murah meriah, dan bebas akses internet meski kecepatannya terbatas.

Harga Paket Internet Unlimited Smartfren

paket internet unlimited smartfren
sumber gambar: Smartfren

Gambar diatas adalah pilihan serta harga dari paket internet unlimited murah yang ditawarkan Smartfren. Sebenarnya masih ada paket lain, yaitu Rp 9.000 untuk sehari.

Namun, menurut saya harga Rp 9.000 untuk satu hari itu tergolong mahal. Entah bagaimana menurut Anda.

Selain paket internet unlimited, Smartfren juga menyediakan paket kuota. Tapi seperti yang saya katakan diatas, paket kuota kurang memadai untuk kebutuhan internet dengan harga terjangkau.

Kekurangan Paket Internet Unlimited Smartfren

Murah, tanpa batas akses, tapi sayang hanya mendukung untuk perangkat smartphone.

Jadi, mau atau tidak jika ingin digunakan untuk komputer/laptop adalah dengan menggunakan tethering Android. Misalkan bisa digunakan pada modem atau mifi, tentu akan sangat menyenangkan.

Terlepas dari kekurangan tersebut, saya rasa paket internet unlimited Smartfren ini bisa dikatakan worth it.

Dan jika Anda juga adalah pelanggan Smartfren, saya sarankan untuk menginstall aplikasi mySmartfren untuk memudahkan transaksi, komplain, dan sebagainya.