OpenShot 2.4.3, Ditambahkan Fitur Animated Mask

OpenShot 2.4.3 merupakan versi terbaru dari salah satu video editor yang cukup populer dikalangan pengguna Linux. Selain merupakan sebuah open-source juga karena fitur yang ditawarkan.

Pada versi terbaru ini ditambahkan fitur animasi dan transisi, memanfaatkan gambar serta video. Penambahan ini tentu akan semakin memanjakan pengguna dalam bekerja.

Meski hanya sebuah software gratis (sumber terbuka), namun kemampuan dalam hal olah video tidak diragukan. Video yang dihasilkan tidak kalah dengan software sekelas Sony Vegas atau Adobe Premiere.

Openshot 2.4.3
image source: OpenShot

OpenShot 2.4.3 Dengan Peningkatan Stabilitas

Selain penambahan fitur baru, pihak pengembang mengklaim bahwa pada versi 2.4.3 ini OpenShot telah mengalami peningkatan stabilitas.

Tampilan serta fitur dari OpenShot memungkinkan kemudahan dalam mengedit konten video, terlebih jika sekedar pengeditan dasar.

Untuk digunakan mengedit video sekelas Youtube, OpenShot bisa diandalkan. Juga memungkinkan untuk mengedit video berkelas.

Jika pertama kali menggunakan OpenShot, mungkin akan menemui banyak kesulitan. Dan hal itu wajar, karena faktor kebiasaan akan menentukan.

Akan membutuhkan banyak latihan untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas. Tapi, software juga memiliki andil dalam urusan hasil video nantinya.

Bagi pengguna dasar, OpenShot memungkinkan untuk mengedit konten video yang akan disajikan di media sosial (Instagram, Facebook, dll). Dengan asumsi sudah terbiasa menggunakan software ini.

Openshot 2.4.3
image source: OpenShot

Beberapa Perubahan di OpenShot 2.4.3

  • More reliable exporting
  • Fixes for zooming and undo/redo
  • Improved Title filename duplication
  • Track names show in “Add To Timeline” window
  • Waveform display rendering improved
  • Timeline tidy ups
  • Support for FFmpeg 3 & 4 support
  • Better FPS, video length and bitrate calculation

Kekurangan OpenShot

OpenShot memiliki kekurangan yang bisa dikatakan cukup kurang bersahabat. Misalnya adalah untuk antarmuka yang terlihat kurang sesuai dalam hal bentuk penyajian.

Kekurangan lain yang mungkin menyebabkan kurangnya minat pengguna adalah bahwa dukungan render masih cukup rendah.

Bagi pengguna Windows/Mac, OpenShot mungkin masuk kategori pilihan terakhir. Hal itu karena ada banyak software lain yang lebih baik, dari segi antarmuka maupun fitur.

Namun, untuk kategori freeware (gratisan), OpenShot bisa dikatakan berada dalam urutan teratas untuk menjadi sebuah pilihan.

Install OpenShot Ubuntu/Linux Mint

Instalasi maupun upgrade bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna hanya perlu menambahkan repository ppa melalui terminal, kemudian melakukan instalasi.

sudo add-apt-repository ppa:openshot.developers/ppa
sudo apt install openshot-qt

Untuk sistem operasi Windows dan Mac, bisa download file instalasi dari laman resmi OpenShot.

OpenShot Untuk Windows/Mac

OpenShot versi Windows/Mac adalah sama dengan versi Linux, yang membedakan adalah bahwa di Windows/Mac terdapat banyak pilihan software video editor.

Dan bisa dipastikan bahwa OpenShot akan sangat sulit menggeser popularitas software yang ada.

Tapi, OpenShot bisa menjadi sebuah opsi menarik mengingat harga software video editor tidaklah murah.

Posted by Abdul Kholiq Hasan