Mengubah Tampilan GIMP Seperti Photoshop

Bagi pengguna Windows tentu sudah tidak asing lagi dengan software pengolah gambar bernama Photoshop, namun bagaimana dengan pengguna Linux atau bagi yang masih baru dalam menggunakan Linux?

Jawabannya, adalah tidak ada software bernama Photoshop. Meski secara umum pengguna Linux (Ubuntu dan kerabatnya) dapat menggunakan software tersebut melalui sebuah emulator yang biasa disebut dengan Wine. Solusi terbaik atau katakanlah pilihan terbaik untuk menjadi alternatif Photoshop (bisa juga disebut sebagai Photosop nya pengguna Linux) adalah dengan menggunakan Gimp.

Gimp menawarkan hal yang sama seperti Photoshop, hanya saja antarmuka serta penggunaannya yang berbeda. Namun, secara keseluruhan bisa dikatakan sama karena memang memiliki kemampuan yang sama dan bermain pada bidang yang sama.

Secara default, antarmuka atau tampilan dari Gimp akan terlihat terpisah, hal ini sebenarnya bisa diakali dengan mengubah mode antarmuka menjadi satu (single-window mode). Hanya saja, sebagai pengguna baru tentu akan terlihat asing dan terkesan membingungkan. Namun, tidak perlu khawatir karena ada cara agar antarmuka atau tampilan Gimp terlihat familiar (seperti Photoshop) meski tidak 100% sama.

Untuk mencoba atau mengubah antarmuka Gimp terlebih dulu sudah harus terinstal Gimp pada desktop (Ubuntu, Linux Mint, dan kerabatnya), jika belum maka silahkan install terlebih dulu. Instalasi bisa dilakukan melalui APP Manager/Software Center atau dengan terminal, baca cara install Gimp

Setelah instalasi selesai, jalankan Gimp dan arahkan kursor pada menu Windows kemudian klik/pilih Single-Window Mode. Sampai disini antarmuka atau tampilan Gimp akan berubah menjadi 1 layer atau 1 Windows sehingga terlihat sederhana, kemudian silahkan tutup Gimp.

Selanjutnya adalah membuat atau mengubah tampilan Gimp menjadi seperti Photoshop.


Silahkan buka terminal dan jalankan perintah dibawah ini untuk mengubah Gimp menjadi seperti Photoshop (harus terhubung dengan internet).

Mengubah Tampilan Gimp 2.8.x Seperti Photoshop

mv ~/.gimp-2.8 ~/.gimp-2.8.orig-backup

wget -O gimp-2.8.zip http://drive.noobslab.com/data/themes/gimp/gimp-2.8.zip

unzip gimp-2.8.zip -d ~/ && rm gimp-2.8.zip

Mengubah Tampilan Gimp 2.9.x Seperti Photoshop

mv ~/.config/GIMP/2.9 ~/.config/GIMP/2.9.orig-backup

wget -O gimp-2.9.zip http://drive.noobslab.com/data/themes/gimp/2.9.zip

unzip gimp-2.9.zip -d ~/.config/GIMP/ && rm gimp-2.9.zip

Sesuaikan dengan versi Gimp yang digunakan, karena jika versi maka tidak akan perubahan, kalapun ada perubahan kemungkinan besar akan terjadi crash. Sampai disini antarmuka atau tampilan Gimp sudah mirip dengan Photoshop meski tidak 100%, namun bisa dikatakan tampilan terlihat lebih baik jika dibanding dengan sebelumnya (default Gimp).

Jika merasa kurang sesuai dengan tampilan Gimp seperti Photoshop, silakan hapus perubahan tersebut dengan cara mengembalikan file default theme Gimp. Cara mengembalikan ke antarmuka atau tampilan default Gimp bisa dilakukan dengan menggunakan perintah dibawah ini.

Gimp versi 2.8.x

rm -r ~/.gimp-2.8

mv ~/.gimp-2.8.orig-backup ~/.gimp-2.8 

Gimp versi 2.9.x

rm -r ~/.config/GIMP/2.9

mv ~/.config/GIMP/2.9.orig-backup ~/.config/GIMP/2.9 

Selamat mencoba.
Source : Doctormo, Noobslab.

Posted by Abdul Kholiq Hasan