Menghasilkan Uang Dengan Kamera Ponsel

Ponsel yang dulu hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan sudah berubah drastis, dimana sekarang ini sudah mendukung banyak fitur berkelas dan biasa disebut smartphone.

Kebanyakan, smartphone hanya digunakan sebagai alat komunikasi serta hiburan. Hanya beberapa yang menggunakannya sebagai dukungan mobilitas dalam hal pekerjaan.

Seiring berkembangnya jaman, ponsel sudah banyak digunakan untuk berbagai macam hal. Misalnya untuk menghasilkan uang, seperti alat trading, marketing, afiliasi dan sebagainya.

Bagi yang memiliki hobi fotografi, kamera ponsel bisa sangat bermanfaat. Sekedar digunakan untuk mengambil gambar atau bahkan untuk membuat sebuah konten video.

Menghasilkan Uang Dengan Kamera Smartphone

Kamera smartphone untuk sekarang ini sudah memiliki kualitas yang diatas rata-rata. Jika bisa memanfaatkannya, bukan tidak mungkin akan menjadi lahan penghasilan yang lumayan.

Sayangnya, untuk saat ini kebanyakan kamera ponsel hanya dimanfaatkan untuk sekedar dokumentasi pribadi. Padahal sebenarnya memiliki potensi yang cukup lumayan.

Ada banyak sekali situs tempat jual beli foto/gambar, dan tidak harus foto dengan kamera digital atau sekelas. Memanfaatkan kamera ponsel pun sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan gambar berkualitas.

Beberapa contoh situs yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan modal kamera ponsel seperti: EyeEm, Getty Images, dan Shutterstock.

menghasilkan uang dengan kamera ponsel
image source: venturebeat.com

EyeEm Tempat Jual Foto Kamera Smartphone

Dari sekian banyak situs layanan jual beli gambar/foto, EyeEm merupakan salah satu yang paling pas digunakan untuk menjual foto dari kamera ponsel.

Alasannya, EyeEm tidak menetapkan aturan yang ketat. Bahkan bisa menjadi wadah untuk melatih kemampuan memotret.

Untuk mengakses dan memulai menjual di EyeEm, bisa dengan menginstall aplikasi untuk smartphone, atau dengan mengakses situs resminya.

Berbeda dengan layanan lain yang memang memiliki regulasi jauh lebih ketat, hal itu wajar karena semakin bagus kualitas sebuah foto maka nilai jual akan semakin tinggi.

EyeEm memang tidak menawarkan harga yang tinggi, namun ada banyak fotografer yang mampu menghasilkan ratusan dollar tiap bulan dari foto yang mereka jual.

Pengguna bisa mendapatkan berbagai panduan atau tips tentang sebuah foto dengan nilai jual tinggi. Setelahnya untuk foto yang memiliki kualitas tinggi akan masuk kategori premium.

Para owner/fotografer bisa dengan mudah mengirim foto melalui ponsel, EyeEm tersedia untuk Android dan Ios.

menghasilkan uang dengan kamera ponsel
image source: EyeEm

EyeEm Tempat Jual Foto untuk Pemula

Menjadi seorang pemula tentu kurang menyenangkan terlebih jika anggota atau pengguna lain adalah seorang profesional. Namun hal itu tidak berlaku di EyeEm, siapapun dapat mengirim karya mereka untuk dijual.

Tapi, ada beberapa kategori foto yang akan susah untuk dijual. Misalnya adalah foto seseorang (menampilkan wajah/muka). EyeEm akan meminta konfirmasi atas ijin dari model tersebut.

Hal ini tentunya sesuatu yang bagus, karena memang untuk setiap hal diperhatikan baik ijin maupun royalti.

Jika tidak ingin mendapati masalah ijin, sebaiknya hindari foto seseorang terutama yang menampilkan wajah. Akan lebih mudah jika objek foto adalah sebuah benda atau pemandangan.

Manfaatkan Kamera Ponsel untuk Menghasilkan Uang

Mulailah untuk mencoba memanfaatkan kamera smartphone, sekedar untuk mengisi waktu luang atau hiburan. Terlebih jika memiliki kesenangan atau bahkan hobi memotret, maka akan terasa lebih menyenangkan.

Bagi yang memang memiliki hobi fotografi smartphone ini akan menjadi tempat yang menyenangkan. Menyalurkan hobi sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Ketika pertama kali mencoba mungkin akan terlihat susah, atau bahkan merasa kurang sesuai jika melihat hasil foto yang ada. Namun akan terbiasa dengan sendirinya dan semakin memahami konsep dalam fotografi.

Karena secara tidak sadar, mau tidak mau akan terus belajar untuk bisa menghasilkan sebuah foto yang berkualitas.

Setelahnya, bisa mencoba layanan jual beli foto yang lebih besar seperti Getty Images. Dimana disana banyak fotografer profesional yang menjual karya-karyanya.

Posted by Abdul Kholiq Hasan