Mengatasi Gagal Install File .DEB

Bagi pengguna Ubuntu, Linux Mint maupun distro lain yang merupakan turunan atau yang dibangun dengan basis Ubuntu tentu sudah akrab dengan ekstensi file .deb yang biasa digunakan untuk menginstal aplikasi/software. Pada versi sebelum-sebelumnya menginstal file .deb sangat mudah karena bisa dijalankan langsung menggunakan app manager/software center, namun pada kasus lain ternyata cara tersebut tidak berfungsi dan lebih parah juga tidak bisa menginstal menggunakan terminal/CLI.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah, dimana hanya diharuskan untuk menginstal Gdebi untuk membantu proses ekstraksi file .deb dan terbilang efektif. Geropos mengalami kasus gagal instalasi file .deb semenjak menggunakan Elementary Loki sehingga harus menginstal aplikasi tambahan agar bisa menginstal file dengan ekstensi .deb

Gdebi sendiri merupakan tools yang sangat kecil dan mudah digunakan, antarmuka sangat sederhana sehingga mudah untuk dipaham dan digunakan. Nilai plusnya adalah pengguna tidak perlu menggunakan perintah di terminal untuk ekstraksi file .deb dan hanya tinggal membuka file .deb dengan Gdebi kemudian bisa langsung di install.

Sederhananya, Gdebi bisa dikatakan sangat membantu terutama bagi pemula atau pengguna baru yang memang belum mengenal/memahami perintah-perintah pada bash/terminal Linux.

Instalasi Gdebi

sudo apt install gdebi

Dan jika ingin melakukan instalasi file .deb menggunakan terminal (tidak menggunakan aplikasi/tools Gdebi) bisa menggunakan perintah dibawah ini.

sudo apt install <path to deb package> 

Contoh instalasi file .deb menggunakan terminal/CLI.

sudo apt install clementine.deb

Untuk instalasi melalui terminal, sesuaikan path/alamat folder dimana file .deb tersebut berada, misalnya /home/user/download/package.deb

Namun, secara umum proses instalasi menggunakan Gdebi jauh lebih mudah dan tidak perlu repot-repot menggunakan terminal untuk melakukan instalasi. Mengenai mana yang lebih baik, itu disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna, apakah lebih suka menggunakan tools Gdebi atau terminal.

Untuk pengguna Elementary OS sendiri penggunaan Gdebi bisa dikatakan sangat membantu dimana terkadang app managet/software center tidak berfungi atau tidak mampu membaca file .deb (berbeda dengan Ubuntu), app manager Elementary Loki secara default memang sepertinya tidak mendukung untuk instalasi paket eksternal.