Lightworks Software Video Editor

Lightworks merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan software video editor yang bisa digunakan untuk pengguna Linux. Tidak jauh berbeda dengan video editor lain, dimana Lightworks juga menawarkan menu atau fitur yang hampir sama seperti software lainnya.

Jika sebelumnya ada Kdenlive yang juga merupakan video editor yang cukup populer dikalangan pengguna Linux, maka Lightworks bisa menjadi sebuah pilihan lain. Secara umum, untuk software video editor hampir sama semuanya. Hanya saja, mungkin terdapat perbedaan pada antarmuka serta fitur yang ditawarkan.

Mengenal Lightworks Software Pengolah Video

Lightworks mendukung semua sistem operasi, seperti Linux, Windows, dan Mac. Selain menawarkan versi gratis, Lightworks juga menawarkan versi premium yang memiliki fitur lebih lengkap. Meski begitu, versi gratis dari Lightworks juga sudah terbilang mumpuni untuk sekedar editing video sederhana.
Antarmuka yang ditawarkan Lightworks sangat sederhana, sehingga akan memudahkan penggunanya. Namun, mengenai antarmuka sebenarnya hampir semua software sejenis memiliki desain yang tidak jauh berbeda.
Lightworks Video Editor untuk Ubuntu
Masalah kemudahan penggunaan kembali pada masing-masing pengguna, jika sudah terbiasa dengan Lightworks maka akan merasa mudah dan nyaman.
Saat ini, versi stabil dari Lightworks adalah versi 14.0, namun sudah tersedia versi beta 14.1 yang menawarkan fitur dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Fitur dan Penambahan Pada Lightworks 14.1

  • Histogram Graph added to Video Tools panel
  • Support for GoPro, Canon and other device folder structures
  • Alpha channel support for for Quicktime MOV files
  • Right click “Render” option for clips in the sequence timeline
  • Ability to “slide” an effect crossfade trim
  • 16-bit GPU precision replaces 10-bit
  • Added ‘Reveal > Media files’ on timeline segments
  • Added support for creating proxies from 60fps media

Untuk editing video yang akan di unggah ke Youtube, Lightworks bisa menjadi pilihan jika dibandingkan dengan menggunakan software berbayar, meski sebenarnya ada banyak software gratis lain yang bisa digunakan seperti Kdenlive, OpenShot, dan sebagainya.

Posted by Abdul Kholiq Hasan