Jadwal Rilis Resmi Ubuntu 17.04 "Zesty Zapus"

Para penggemar atau pengguna Linux Ubuntu tentu sudah banyak menantikan rilis resmi versi terbaru dari Ubuntu yang biasanya akan terjadi tiap semester pada setiap tahunnya, dengan kata lain bisa dikatakan bahwa hampir setiap tahun selalu rilis 2 kali (versi). Ciri yang melekat adalah kode angka 4 dan 10 yang menandakan bahwa jadwal rilis secara resmi adalah bulan April untuk versi pertama dan bulan Oktober untuk versi kedua.

Hal tersebut tentu sudah menjadi notice atau sebuah pemberitahuan utama bagi para pengguna Ubuntu dimana pada setiap bulan April dan Oktober akan disuguhi dengan versi terbaru dari Ubuntu yang tentunya merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Namun, meski demikian tidak mewajibkan pengguna Ubuntu untuk melakukan upgrade karena setiap versi memiliki jangka dukungan dalam kurun waktu tersendiri sehingga keputusan untuk upgrade atau tidak sepenuhnya berada pada masing-masing pengguna.

Untuk Ubuntu versi terbaru atau yang akan dikenal dengan sebutan Ubuntu 17.04 yang memiliki codename Zesty Zapus dijadwalkan akan rilis secara resmi tepat pada tanggal 13 April 2017. Namun, biasanya sebelum bulan tersebut para pengguna sudah bisa mencicipi Ubuntu versi terbaru melalui versi beta yang sudah di bagikan.

Berikut adalah periodik rilis Ubuntu 17.04:

  • Alpha 1 – 29 December (for flavours)
  • Alpha 2 – 26 January (for flavours)
  • Feature Freeze — 16 February
  • Beta 1 – 23 February (for flavours)
  • UI Freeze — 9 March
  • Final Beta – 23 March
  • Kernel Freeze — 30 March
  • Release Candidate – 13 April
Melihat jadwal tersebut, tentu bisa diperkirakan bahwa pada awal Februari orang-orang (pengguna) sudah bisa mencicipi versi beta (percobaan global) dari Ubuntu 17.04, atau bisa juga mencicipi versi percobaan pertama yang dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2016.
Ubuntu 17.04 Zesty Zapus sendiri akan mendapatkan dukungan selama 9 bulan terhitung sejak jadwal rilis resminya. Sedangkan untuk versi sebelumnya yaitu 16.04 disebutkan mendapatkan dukungan selama 5 tahun.
Dukungan-dukungan ini tentu adalah sebuah bentuk pengembangan guna meningkatkan pengalaman pengguna, sehingga untuk pengguna Ubuntu dengan jangka dukungan yang singkat disarankan untuk melakukan upgrade untuk menikmati layanan dan pengalaman yang lebih baik.
Dan pemberitahuan rilis ini juga berlaku untuk turunan Ubuntu, biasanya distro turunan tidak akan jauh tanggal rilisnya jika memang tidak dirilis secara bersamaan. Artinya, untuk pengguna distro turunan Ubuntu pun dapat menikmati versi terbaru secepatnya.
Turunan-turunan dari Ubuntu tersebut menawarkan pengalaman serta fitur yang sama dengan Ubuntu, hanya saja terdapat perbedaan dari basis pembangunnya. Jadi orang-orang memiliki banyak pilihan apakah akan menggunakan Gnome, XFCE atau KDE. Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk memilih karena dapat menikmati satu hal yang sama dengan pengalaman berbeda.