Cara Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Linux Mint 18.3 Sylvia sudah rilis resmi, dan sudah bisa digunakan untuk semua orang. Pengguna hanya perlu mengunduh file .ISO untuk mulai melakukan instalasi pada masing-masing komputer. Namun, bagaimana jika sebelumnya sudah menggunakan Linux Mint baik versi MATE maupun Cinnamon?. Pengguna yang sebelumnya menggunakan Linux Mint versi 18, 18.1 dan 18.2 hanya perlu melakukan upgrade yang bisa dilakukan melalui sistem (harus terhubung ke internet).

Upgrade memang tidak harus dilakukan, namun dengan melakukan upgrade maka pengguna akan mendapatkan pembaruan sistem serta fitur yang jauh lebih baik. Bagi pengguna lama tentu melakukan upgrade adalah sebuah perkara yang mudah, hal itu berbeda dengan pengguna baru yang mungkin menemui kesulitan ketika akan melakukan pembaruan.

Panduan Upgrade ke Linux Mint Terbaru

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak melakukan upgrade adalah dengan mengetik perintah pembaruan melalui terminal, kemudian lakukan pembaruan melalui Update Manager. Catatan, untuk versi Xfce serta KDE masih belum bisa melakukan pembaruan. Namun, pembaruan akan segera tersedia akhir tahun ini.

Silakan ikuti langkah berikut ini untuk melakukan upgrade ke Linux Mint 18.3

1- Buat Snapshot Sistem

Timeshift tersedia untuk Linux Mint 18, 18.1 serta 18.2. Timeshift bisa digunakan untuk membuat system snapshot sebelum melakukan pembaruan. Fungsinya untuk backup jika terjadi kesalahan ketika melakukan pembaruan, sehingga bisa dikembalikan seperti sebelum melakukan pembaruan.
Instalasi Timeshift bisa dilakukan dengan menjalankan perintah dibawah ini melalui terminal:

apt update
apt install timeshift

Jalankan Timeshift kemudian ikuti instruksi yang ada untuk mengkonfigurasinya dan membuat snapshot sistem.

2- Persiapan Sebelum Melakukan Upgrade

  1. Nonaktifkan screensaver
  2. Jika sebelumnya (pernah) memasang Cinnamon Spices (applet, desklets, extensions, themes), makan lakukan pembaruan melalui pengaturan sistem.

3- Upgrade ke Linux Mint 18.3

Pembaruan Linux Mint ke versi terbaru bisa dikatakan relatif mudah.
Buka Update Manager, kemudian klik tombol Refresh untuk memeriksa versi baru mintupdate dan mint-upgrade-info. Jika tersedia, maka lakukan pembaruan sistem.
Jalankan System Upgrade dengan mengklik “Edit > Upgrade to Linux Mint 18.3 Sylvia“.

Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Ikuti petunjuk pada layar.

Upgrade Linux Mint 18.3 Sylvia

Jika ditanya apakah akan menyimpan atau mengganti file konfigurasi, pilih untuk menggantinya (Replace).

Setelah proses upgrade selesai, selanjutnya restart komputer.

Posted by Abdul Kholiq Hasan