Cara Mempercepat Kinerja Android

Tentunya sudah menjadi sebuah hal yang lumrah jika sekarang ini Android menjadi salah satu sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan. Terlebih harga gadget Android bisa dikatakan cukup terjangkau, dan terdapat banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget masing-masing.

Tren yang terbaru adalah munculnya Android dengan spesifikasi mumpuni dimana banyak yang menawarkan kapasitas ram besar dan prosesor tinggi, hal ini wajar karena dengan seiring berkembangnya jaman maka teknologi akan semakin berkembang juga. Sedangkan bagi pengguna gadget dengan spesifikasi medium terkadang akan merasa bahwa gadget yang digunakan cukup lambat ketika melakukan proses, misalkan saja ketika menjalankan aplikasi A kemudian akan membuka aplikasi B ternyata prosesnya agak lambat.

Mengenai hal itu, ada sebagian yang menuturkan bahwa gadget harus di root agar lebih ringan, atau harus melakukan ini itu agar proses lebih baik. Untuk pengguna gadget dengan ram 2gb keatas tentunya menjalankan banyak aplikasi bukan masalah serius, akan tetapi berbeda dengan pengguna lain yang hanya memiliki ram 1gb.

Cara paling sederhana untuk mengatasi lag, atau proses yang lambat bisa dengan menghapus aplikasi yang tergolong berat kemudian menggantinya dengan menggunakan browser. Faktanya banyak sekali pengguna yang kurang menyukai penggunaan browser karena merasa asing atau kurang nyaman dengan tampilannya.

Alternatif untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan menggunakan aplikasi serupa namun versi Lite. Aplikasi versi Lite tidak jauh berbeda dengan aplikasi aslinya karena dibuat oleh vendor yang sama, dan memang dikembangkan untuk akses yang lebih cepat.

Ketika memilih menggunakan versi Lite biasanya akan sedikit berbeda, karena ada beberapa fitur yang dihilangkan, namun untuk kenyaman dan sebagainya tetap sama. Dan tentu saja akan terasa lebih cepat dari sebelumnya.

Contoh aplikasi yang sudah terdapat versi lite : Facebook Lite, Twitter Lite, Line Lite, dan sebagainya.

Posted by Abdul Kholiq Hasan