Atom, Visual Studio Code Editor

Programmer atau siapapun yang terbiasa berkecimpung didunia pemrograman tentu tidak asing dengan software code editor. Sebut saja Notepad++ yang biasa digunakan pengguna Windows, atau Sublime yang merupakan aplikasi cross platform. Begitu juga dengan Atom yang merupakan code editor cross platform dan mendukung banyak plugin/ekstensi yang bisa memudahkan pengguna.

Atom, merupakan aplikasi atau software code editor yang dibangun oleh Micorosoft dengan basis Visual Studio namun mendukung berbagai jenis bahasa pemrograman, layaknya code editor lain. Secara umum, Atom tidak jauh berbeda dengan Sublime, hanya saja Atom bebas untuk digunakan sedangkan Sublime terdapat versi berbayar.

Jika membandingkan dengan code editor gratis lainnya, sepertinya Atom bisa dikatakan berada pada urutan teratas karena banyak dukungan dan kemudahan yang ditawarkan. Bagaimana dengan Brackets, jika dibandingkan sekilas sama saja mungkin hanya berbeda tampilannya. Namun, Atom bisa dikatakan berada pada posisi lebih baik jika dibandingkan Brackets yang merupakan produk Adobe.

Yang lebih menarik adalah bahwa Atom mendapat dukungan lain dari Github, dimana Github sendiri banyak digunakan oleh programmer dalam berbagi source, dan apapun sistem operasi yang digunakan mendukung untuk menjalankan Atom, baik itu Mac, Windows maupun Linux.

Untuk pengguna Linux debian yang ingin menggunakan Atom Visual Code Editor bisa langsung mendownload file installer dengan ekstensi .deb melalui laman resminya. Selain ekstensi .deb juga tersedia ekstensi Linux lain seperti .tar.gz dan .rpm.

Meski memiliki banyak dukungan, namun perlu diketahui bahwa Atom tergolong kedalam software yang berat. Tapi bukan sebuah masalah karena masih berada dalam kategori normal untuk penggunaan resource komputer.

Silahkan download Visual Studio Code dan Atom bagi yang ingin menggunakan, karena apapun jenis software code editor yang digunakan adalah sama, dan biasanya yang membedakan hanya fitur-fitur tertentu.