3 Aplikasi Desktop Email Client Gratis Terbaik

Tersedia banyak pilihan layanan email yang bisa digunakan secara gratis, seperti: Google Mail, Yahoo, Outlook dan sebagainya. Kebanyakan akses email tersebut dilakukan melalui web browser (pc/desktop), namun ada pilihan yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan email desktop client.

Ada banyak aplikasi atau software email desktop client yang bisa digunakan, beberapa merupakan layanan gratis namun ada juga menawarkan paket premium dengan fitur tertentu.

Penggunaan aplikasi email client tidak jauh berbeda dengan akses yang dilakukan melalui web browser, hanya saja ada keuntungan lain yang sedikit lebih baik.

Keuntungan menggunakan email client adalah bahwa tidak perlu lagi mengakses secara manual melalui browser, karena semua akun email dapat diakses hanya dengan satu aplikasi. Selain itu juga terdapat fitur notifikasi jika terdapat pesan baru.

Email Desktop Client Terbaik untuk Windows

Berikut adalah daftar aplikasi email desktop client terbaik untuk  Windows, dan bisa digunakan secara gratis serta mendukung banyak akun.

1. Thunderbird

Thunderbird merupakan aplikasi email client yang sifatnya Open-Source, aplikasi yang dikembangkan Mozilla ini sudah dikenal sejak lama dan mendukung cross-platform.

Antarmuka yang ditawarkan bisa dikatakan sangat sederhana, namun cukup untuk mengelola email. Dalam urusan tampilan, Thunderbird memang menawarkan hal yang berbeda. Dimana untuk sekarang ini masih mengadopsi model tampilan lama.

Fitur yang ditawarkan pun cukup sederhana, hanya sebatas tambahan untuk memudahkan pengelolaan email, folder email dan sebagainya.

thunderbird

2. Mailspring

Tidak jauh berbeda dengan opsi pertama, Mailspring juga merupakan layanan email client yang mendukung cross-platform. Hanya saja terdapat pilihan layanan berbayar yang menawarkan fitur lebih lengkap.

Urusan Antarmuka, Mailspring jauh lebih baik dibandingkan dengan pilihan layanan email client gratis lainnya. Ada banyak pilihan tema, tampilan yang bisa sesuaikan dan sebagainya.

Fitur yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari pilihan mode shortcuts, mendukung multi akun, link tracking, digital signature dan masih banyak lainnya.

Untuk fitur yang lebih lengkap Mailspring menawarkan layanan berbayar, harga yang ditawarkan bisa dikatakan terjangkau dimana hanya berkisar $8 tiap bulan.

mailspring

3. Windows Email Client

Windows secara default sudah menyertakan layanan email client, biasanya sebagai layanan Outlook. Untuk pengguna Windows 10, bisa dengan mengetik “email” pada bar pencarian, setelahnya akan terdapat aplikasi email bawaan Windows.

Antarmuka yang ditawarkan sangat sederhana, meski sudah mengadopsi model tampilan terbaru. Perangkat email client Windows ini sendiri cukup bisa diandalkan untuk mengelola berkas email. Terlebih sudah mendukung untuk multi akun.

windows email client

Masih ada banyak pilihan email client lain yang bisa digunakan secara gratis. Namun 3 pilihan diatas sudah lebih dari cukup. Kecuali Windows email client, semua bersifat cross-platform. Artinya baik pengguna  Linux atau Mac juga bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Posted by Abdul Kholiq Hasan