Anatine Desktop Twitter Client Yang Simple Dan Ringan

Dulu, Geropos pernah menulis tentang sebuah aplikasi Twitter client berbasis desktop yaitu Corebird yang memang dibangun atau dibuat untuk para pengguna Linux (Ubuntu/Linux Mint, debian based), dan hal itu tentu saja masih kurang perfect karena pengguna sistem operasi non Linux tidak bisa menggunakannya.

Berbeda dengan artikel mengenai Twitter client kali ini, karena hampir semua orang dapat mencicipi (menggunakan) aplikasi pihak ketiga ini. Baik pengguna Linux, Windows maupun macOS (kemungkinan besar) bisa menggunakan aplikasi ini. Antarmuka yang ditawarkan sangat sederhana, tergolong ringan untuk digunakan (tidak memakan banyak resource komputer), dan tentu saja mudah untuk digunakan.

Anatine, sebuah aplikasi pihak ketiga untuk Desktop Twitter Client yang menawarkan pengalaman baru bagi pemilik akun Twitter. Dimana dengan menggunakan Anatine maka pengguna tidak perlu untuk membuka web browser ketika akan mengakses Twitter, sehingga memudahkan pengguna dan tentunya lebih menghemat waktu karena secara tidak langsung bisa dikatakan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan mengakses menggunakan browser.

Anatine dibangun berdasarkan aplikasi resmi Twitter untuk mobile, dan dibangun ulang atau dikembangkan menjadi aplikasi desktop menggunakan Electron sehingga mendukung banyak jenis sistem operasi. Sehingga antarmuka yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan antarmuka Twitter client untuk mobile, baik secara default (beranda) atau fitur yang ditawarkan.

Anatine sendiri menawarkan dua mode (dua jenis tampilan) untuk penggunanya, yaitu light theme (default) dan dark theme (background aplikasi berwarna gelap). Namun, yang paling menarik adalah karena aksesnya yang terbilang cepat dan kesederhanaan yang ditawarkan.

Kekurangan Anatine Desktop Twitter Client
Kekurangan aplikasi ini bisa dikatakan hampir tidak ada, karena apa yang ditawarkan benar-benar (bisa dianggap) sama seperti apa yang ditawarkan Twitter ketika mengakses melalui web browser, terlebih lagi baik secara antarmuka maupun penggunaan hampir sama seperti aplikasi resmi Twitter untuk mobile yang tentu saja tidak terlalu asling bagi para penggunanya.

Dan, mungkin akan sedikit lebih baik lagi apabila ada sound notifikasi. Namun, hal ini bukan sebuah problem yang berada pada garis merah, karena pada intinya adalah penggunaan yang mudah sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya.

Install Anatine di Ubuntu
Download Anatine, kemudian ekstrak file zip.
Selanjutnya buat shortcut untuk Anatine dengan cara membuat file baru pada ~/.local/share/applications dengan nama anatine.desktop dan isi file tersebut dengan script dibawah ini kemudian simpan.

[Desktop Entry]
Name=Anatine
Exec=/full/path/to/folder/Anatine
Terminal=false
Type=Application
Icon=/full/path/to/folder/Anatine/resources/app/static/Icon.png

Atau jika ingin lebih mudah, maka silakan install Snappy Recap terlebih dulu. Kemudian install Anantine menggunakan perintah dibawah ini.

sudo snap install anatine

Sedangkan untuk pengguna Windows, dan macOS bisa mengunduh file instalasi melalui link dibawah ini.

Download Anatine

Dan untuk panduan yang lebih lengkap, baik pengguna Ubuntu, Windows maupun macOS bisa menuju halaman Panduan Anatine.

Posted by Abdul Kholiq Hasan