Monday, April 29, 2019

Software Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows

Berbicara soal komputer tentu tidak akan jauh dari masalah virus, hampir semua komputer menggunakan program Antivirus tambahan untuk meningkatkan proteksi. Secara default, Windows telah menyertakan Antivirus bawaan "Defender". Namun, Microsoft sendiri menyarankan penggunaan Antivirus tambahan guna keamanan komputer.

Software Antivirus Gratis Terbaik untuk Windows
Antivirus Windows Gratis

Program Free Antivirus Terbaik

Di internet, ada banyak sekali software Antivirus gratis yang bisa digunakan. Tapi terkadang kita seolah bingung karena banyaknya pilihan Antivirus yang bisa digunakan.

Pertimbangan dalam memilih software tentu ada banyak, namun ada hal mendasar yang bisa menjadi acuan sederhana, yaitu fitur yang ditawarkan serta penggunaan resource komputer.

Sebagai pengguna, memilih software Antivirus yang memiliki fitur lengkap adalah hal yang lumrah. Logikanya, semakin banyak fitur yang ditawarkan maka akan semakin baik pula penggunaannya.

Kemudian masalah penggunaan resource, tentu kita kurang menyukai software yang berat, terlebih lagi jika spesifikasi komputer tidak terlalu tinggi. Karena jika software terlalu berat akan mengurangi kenyamanan sebagai pengguna.

Dari kedua alasan diatas, bisa disimpulkan bahwa selain kualitas proteksi yang ditawarkan, Antivirus pun harus memiliki fitur lengkap serta tidak memberatkan kinerja komputer.

Apakah Windows Defender Memadai?
Dalam beberapa kasus, Windows Defender cukup bisa diandalkan. Tapi, dalam kondisi tertentu program bawaan Windows ini terasa kurang bersahabat dalam hal proteksi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada banyak pilihan Antivirus yang bisa digunakan secara gratis. Namun, pada halaman ini hanya akan dibahas 2 Antivirus. Hal ini mengacu pada fitur serta penggunaan sumber daya komputer.

1. Avast Free Antivirus

Avast sudah lama dikenal sebagai Antivirus yang memberikan proteksi keamanan tingkat tinggi, dimana Avast pun menawarkan fitur scanning hingga mendalam.

Program Antivirus Avast banyak digunakan pengguna komputer pribadi. Alasannya sederhana, di internet banyak sekali Avast premium versi pak tani bajakan. Anda sendiri bisa dengan mudah mendapatkannya, namun sungguh hal itu tidak disarankan.

Avast Antivirus Gratis
Avast Free Antivirus

Secara garis besar, meski tidak memiliki fitur lengkap seperti versi berbayar, Avast Free Antivirus sudah lebih dari cukup untuk proteksi komputer dari virus, malware dan sebagainya.

Fitur menarik dari Avast adalah adanya proteksi terhadap phising, dimana jarang sekali Antivirus gratis menyertakan fitur ini.

2. Panda Free Antivirus

Mungkin Antivirus ini masih terdengar asing, namun apa yang ditawarkan Panda Free Antivirus cukup menarik. Selain proteksi real time, ada fitur lain seperti critical scan serta proteksi usb.

Fitur proteksi USB dari Panda sudah bisa memastikan pengguna tidak perlu menginstall software tambahan. Artinya, komputer akan lebih santai dalam kinerja karena tidak terlalu banyak program yang berjalan.

Panda Antivirus Gratis
Panda Free Antivirus

Bagaimana dengan Masalah Gaming?
Panda memiliki fitur Gaming Mode, fitur ini memungkinkan pengguna bermain game tanpa harus terganggu oleh program Antivirus.

Tidak jauh berbeda dengan Avast, Panda Antivirus pun menawarkan fitur proteksi terhadap aktivitas phising. Bahkan, ada fitur VPN client, monitor proses seta PC Clean Up.

Bagaimana dengan Antivirus Lain?

Masih ada banyak program Antivirus yang bisa menjadi pilihan, diantaranya:
  1. AVG Free Antivirus
  2. Kaspersky Free
  3. BitDefender Free
  4. Avira Free Antivirus
  5. Total AV Free
Alasan kenapa tidak juga dibahas adalah karena fitur yang ditawarkan serta penggunaan resource komputer yang menjadi acuan penilaian belum terpenuhi.

Bukan berarti tidak bagus jika digunakan, namun untuk spesifikasi komputer rendah kurang sesuai.

Catatan:
Apapun Antivirus yang digunakan, usahakan untuk selalu update secara berkala. Hal ini terlihat sepele, namun sungguh ini sangat berguna.

Hindari penggunaan Software Antivirus Bajakan, selain demi keamanan juga karena merupakan sebuah pelanggaran.

Load comments