Aplikasi Sederhana Yang Mampu Meningkatkan Kinerja Android

Android merupakan salah satu sistem operasi smartphone yang populer dikalangan pengguna, banyaknya pilihan serta kualitas dari berbagai merk menjadi alasan Android menjadi populer. Terlebih untuk sekarang ini banyak fitur melimpah yang bisa menggantikan perangkat komputer, hal ini tentu memudahkan pengguna apa lagi gawai Android tersedia dalam berbagai tipe dari kelas menengah kebawah hingga kelas atas.

Pengguna smartphone Android yang memiliki spesifikasi mumpuni tentu tidak akan mempermasalahkan kehadiran software/aplikasi serta game modern yang menawarkan grafis tinggi dan memakan banyak ruang penyimpanan. Karena spesifikasi gawai yang digunakan mendukung sehingga akan jarang menemui perangkat menjadi lambat.

Berbeda dengan pengguna smartphone kelas menengah kebawah yang biasanya hanya memiliki RAM 1 hingga 2GB. Android sendiri menjadi lambat karena banyaknya file yang tersimpan pada perangkat sehingga memori hampir tidak mencukupi, selain itu juga karena banyaknya proses yang berjalan pada latar belakang (sistem atau aplikasi).

meningkatkan-kinerja-android
Image source: TechAdvisor.co.uk

Bagi pengguna dengan pengetahuan yang cukup, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti ROM Android yang sudah dimodifikasi sehingga mampu mengurangi jumlah proses yang berjalan. Berbeda dengan pengguna pada umumnya yang hanya mengandalkan perangkat yang tersedia.

Beruntungnya, ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengatasi hal tersebut. Meski tidak 100% namun ada perbedaan signifikan yang bisa dirasakan.

Aplikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Android

Seeder

Seeder merupakan aplikasi sederhana namun efektif dalam urusan mengurangi beban pada perangkat Android, sehingga mampu meningkatkan kecepatan Android atau dengan kata lain Seeder mampu mempercepat Android yang lambat.

Aplikasi ini dikembangkan oleh LCIS dan memiliki ukuran yang sangat kecil.

Greenify

Tidak jauh berbeda dengan Seeder, Greenify juga merupakan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja Android. Greenify bekerja dengan cara mematikan proses dan layanan dari sebuah aplikasi. Greenify memiliki efisiensi dalam urusan menghentikan proses yang berjalan pada latar belakang sistem, sehingga akan mengurangi penggunaan resource RAM.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki kekurangan dimana ketika proses suatu aplikasi dihentikan maka semua layanannya pun akan berhenti misalnya jadwal pembaruan otomatis serta notifikasi.

Pengujian penggunaan kedua software diatas dilakukan dengan perangkat Samsung J1 Ace, percobaan dilakukan dengan menggunakan aplikasi secara terpisah dan bersamaan. Hasilnya, perangkat yang kami gunakan mampu menjalankan game modern dalam mode HD grafis dengan lancar. Selain itu, perangkat smartphone pun mengalami peningkatan performa yang cukup lumayan.

Dari pengujian yang sudah dilakukan, Seeder memiliki nilai lebih baik namun bukan berarti Greenify kurang bagus untuk digunakan. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Catatan: Ketika melakukan percobaan, Samsung J1 Ace yang kami gunakan sudah dalam mode ROOT. Hanya Greenify yang kami coba dengan perangkat non ROOT.

Comments