Simplenote, Alternatif Evernote Untuk Membuat Catatan

Menulis sebuah catatan bukan merupakan suatu keharusan, namun terkadang kita harus melakukannya. Di era smartphone, ada banyak aplikasi atau software yang dibuat untuk memudahkan aktifitas. Salah satunya adalah software untuk membuat catatan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Simplenote merupakan salah satu aplikasi pembuan catatan gratis.

Pengguna smartphone tentu tidak sedikit yang mengenal Evernote, sebuah aplikasi yang dirancang untuk membuat sebuah catatan dan sebagainya dengan mudah bahkan bisa berbagi dengan orang lain. Tidak jauh berbeda dengan Evernote, Simplenote juga menawarkan hal yang sama, namun tidak meminta bayaran dari pengguna untuk fitur tertentu.

Simplenote bebas untuk digunakan, dikembangkan sebagai sebuah open source dengan fitur layaknya premium namun gratis.

Simplenote Aplikasi Notes Gratis Alternatif Evernote

Siapapun dapat menggunakan Simplenote dan bisa diakses dari berbagai device, yang memungkinkan untuk mengakses dari dua perangkat misal ponsel serta komputer.

Meski merupakan sebuah software gratis, Simplenote banyak digunakan karena memiliki fitur seperti halnya aplikasi sejenis yang berbayar. Hanya saja, masih ada beberapa kekurangan seperti belum terdapat fitur untuk menyisipkan gambar dari perangkat ponsel.

Simplenote sendiri mendukung untuk berbagai platform, seperti Android, iOS, Linux / Ubuntu, Windows, Mac. Sayangnya untuk pengguna Linux 32-bit hanya bisa menggunakan Simplenote melalui web, karena hanya mendukung untuk versi 64-bit.

Terlepas dari kekurangan yang terdapat pada Simplenote, aplikasi ini tergolong cukup membantu jika dibanding dengan harus membayar untuk fitur atau kapasitas tertentu.

Cara Install Simplenote, Software Pembuat Catatan di Ubuntu

Instalasi Simplenote di Ubuntu cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduh software dari situs resminya dengan ekstensi .deb kemudian dapat melakukan instalasi melalui Ubuntu Software Center.

Selain menggunakan Ubuntu Software Center, instalasi juga bisa dilakukan secara manual melalui terminal. Perintah untuk instalasi adalah dpkg.

Contoh Instalasi Simplenote melalui Terminal:
sudo dpkg -i Simplenote-linux-1.1.0.deb
Setelah instalasi selesai, silakan jalankan Simplenote kemudian masuk ke akun yang dimiliki, atau mendaftar untuk membuat akun.

Akun Simplenote berguna untuk sinkronisasi data yang tersimpan, misalnya membuat catatan dari ponsel kemudian dibuka dari komputer.

Comments