Membuat Gambar GIFs Dari Video Di Linux Dengan Gifcurry

Tutorial Membuat GIF Dari Video

Gambar animasi atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan gambar GIF memang lebih menarik jika dibandingkan dengan gambar biasa, dimana GIF terlihat lebih hidup karena terlihat seolah bergerak dan tentu saja lebih mudah dipahami maksud gambar tersebut. Ada banyak tools atau software yang bisa digunakan untuk membuat animasi GIF, misalnya memanfaatkan GIMP Image Editor atau software lainnya, dan atau memanfaatkan layanan GIF Maker online.

Gifcurry menawarkan kemudahan dalam urusan konversi video untuk menjadi sebuah animasi GIF, jika diperhatikan aplikasi ini sekilas terlihat seperti GIF Brewery yang tersedia untuk pengguna Mac, hanya saja Gifcurry merupakan sebuah open source atau freeware yang bebas digunakan.

Mengubah Video Menjadi GIF

Ketika berkunjung ke forum atau media yang mendukung gambar dengan ekstensi .gif tentu terkadang ada pengguna yang mengunggah file gambar animasi GIFs yang terlihat seperti sebuah video yang dijadikan sebagai file gambar. Hal ini sudah cukup umum karena ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk mengubah (konversi) video menjadi sebuah gambar GIF.

Di Internet ada cukup banyak layanan web yang menawarkan kemampuan konversi video dari YouTube atau layanan video lainnya menjadi GIF, dan layanan tersebut gratis untuk digunakan. Kita bisa menemukan web konversi seperti itu dengan mudah, cukup menggunakan keyword "video to gif".



Kekurangan konversi video menjadi gif secara online seperti ini adalah bahwa membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya, dan tentu akan menjadi sebuah problem ketika sedang tidak terhubung ke internet.

Membuat GIF Dari Video

Seperti yang tertera diatas, ada sebuah aplikasi atau software gratis yang bisa digunakan untuk membuat animasi GIF dari Video dengan mudah di Linux. Gifcurry merupakan sebuah open-source yang menawarkan kemudahan dalam urusan konversi atau membuat GIF dari sebuah Video, antarmuka yang sederhana dan fitur pendukung yang bisa dikatakan cukup, sangat berguna dan mudah untuk digunakan.



Pada Giffcurry, kita juga bisa menambahkan text pada GIF yang akan dibuat, dan yang lebih menarik adalah bahwa kita dapat bekerja secara offline tanpa harus terhubung ke internet untuk membuat sebuah GIF dari video.

Fitur Gifcurry
  • Konversi Video menjadi GIF.
  • Menambahkan Text pada GIF.
  • Menentukan waktu mulai.
  • Mengatur durasi.
  • Mengatur lebar gambar.
  • Mengatur kualitas gambar.
  • Upload ke imgur/giphy
Fitur diatas tentu sudah cukup mumpuni untuk sekedar membuat sebuah GIF dari video, meski masih terdapat kekurangan seperti tidak adanya pengaturan looping, framerate dan sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwa ketika menggunakan Gifcurry harus teliti dalam menentukan kualitas dan durasi karena bisa menyebabkan ukuran file yang terlalu besar (misalnya: 10mb), ukuran yang terlalu besar tentu kurang sesuai untuk sebuah gambar, sebab itu pengguna diharuskan untuk teliti dalam mengatur kualitas gambar serta durasi agar ukuran yang dihasilkan pun terlihat logis.

Cara Install Giffcurry di Ubuntu / Linux Mint

Dalam instalasi Giffcurry, terlebih dulu harus menginstall FFmpeg dan ImageMagick sebagai basisnya.

#install FFmpeg & ImageMagicksudo add-apt-repository ppa:kirillshkrogalev/ffmpeg-next
sudo apt-get update
sudo apt-get install ffmpeg imagemagick

Selanjutnya install Gifcurry, namun terlebih dulu cek update terbaru pada github.

# Find the latest release at https://github.com/lettier/gifcurry/releases
wget https://github.com/lettier/gifcurry/releases/download/*/gifcurry-linux*.tar.gz
tar xvfz gifcurry-linux*.tar.gz
cd gifcurry-linux*/bin
./gifcurry_gui
./gifcurry_cli -?

Selamat mencoba.

Comments