Menghapus Guest Session Di Elementary OS

Elementary OS, sebuah sistem operasi Linux yang dibangun dengan basis Ubuntu dan merupakan salah satu sistem operasi populer sebagai pilihan selain Ubuntu. Secara default Elementary OS memiliki kesamaan dengan Ubuntu, namun menawarkan antarmuka berbeda yang mengadopsi macOS sebagai style antarmuka.

Meski merupakan sistem operasi yang dibangun dengan basis Ubuntu, namun ternyata Elementary OS tidak sepenuhnya sama. Ada beberapa fungsi atau sistem yang berbeda, misalnya saja ketika akan menghapus (dalam arti lain menyembunyikan) fitur guest session pada saat login.

Pada Ubuntu, untuk menghapus atau menyembunyikan guest session bisa dilakukan dengan menambahkan perintah baru. Perintah tersebut memang tidak permanen karena dapat dikembalikan sewaktu-waktu, lihat cara menghapus guest session di Ubuntu.

Ketika pertama menggunakan Elementary OS, saya sudah mencoba untuk menghapus guest session dengan menggunakan cara yang sama dengan Ubuntu. Hal ini sebab Elementary dan Ubuntu adalah sistem operasi yang sama, namun ternyata setelah mencoba perintah tersebut yang terjadi adalah error. Setelah melakukan pengecekan ternyata memang ada perbedaan pada sistem tertentu, dan ternyata Elementary sendiri sudah menyiapkan atau menyertakan fitur disable guest session secara default tanpa harus menambahkan perintah secara manual.

Untuk menghapus guest session pada Elementary OS sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka System Settings.
  2. Pilih User Account.
  3. Pilih Guest Session kemudian unlock (geser tombol ke kiri).
  4. Restart.

Secara umum, setelah melakukan langkah diatas maka guest session akan secara otomatis hilang atau tersembunyi pada login session Elementary OS. Namun, terkadang ada yang mengalami kendala (dengan kata lain sistem operasi mengalami crash) sehingga guest session tetap muncul. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan secara manual melalui terminal (CLI) dengan mengetikkan perintah dibawah ini.

sudo scratch-text-editor /usr/share/lightdm/lightdm.conf.d/40-pantheon-greeter.conf

Selanjutnya tambahkan perintah dibawah ini kemudian simpan.
allow-guest=false 

Untuk mengembalikan pada keadaan semula (mengembalikan guest session) cukup dengan menghapus perintah diatas, atau untuk yang dalam keadaan normal bisa dengan menggeser tombol guest session ke kanan.

Comments