Kdenlive Video Editor Untuk Pengguna Linux

Pengguna multimedia atau katakanlah mereka yang terbiasa bermain dan bercumbu dengan audio visual tentunya tidak akan jauh dari tools atau software yang berguna untuk membantu pekerjaan atau aktivitas mereka, terlepas dari hardware serta device yang digunakan.

Bagi pengguna Windows, tentu saja ini bukan sebuah hal baru karena banyak tersedia tools editor audio visual yang beragam. Mulai dari yang sederhana hingga yang premium dengan fitur yang sangat wah. Namun, tentu saja untuk mendapatkannya tidaklah murah.

Bagaimana dengan Linux?
Pengguna Linux pun dapat menikmati hal yang sama, terlebih lagi di Linux banyak tersedia software open source yang artinya bebas untuk digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya.  Tools atau software yang tersedia untuk pengguna Linux (dalam lingkup audio visual) juga beragam, dan dengan keunggulan masing-masing.

Kdenlive adalah salah satu dari sekian banyak tools audio visual editor yang hadir untuk pengguna Linux, fitur yang ditawarkan bisa dikatakan sama dengan tools berbayar dan yang menyenangkan adalah penggunaannya yang mudah, sehingga menjadikan Kdenlive sebagai salah satu software video editor yang populer dikalangan pengguna.

Dibangun dengan framework QT dan KDE, Kdenlive bisa dikatakan merupakan salah satu software video editor yang ringan untuk digunakan. Namun tetap yang perlu diperhatikan, ketika memang aktivitas berhubungan dengan multimedia maka hardware/device yang digunakan pun harus mendukung agar tidak terkesan memaksakan karena tiap spek memiliki batas maksimal.

Kdenlive sendiri menawarkan pada penggunanya sebuah fitur untuk mengubah atau menyesuaikan efek dan sebagainya, sehingga ketika melakukan editing tidak memerlukan software lain untuk memberikan efek, terlebih juga tersedia fitur scopes yang berguna untuk melihat histogram dan sebagainya.

Di Linux, Anda dapat menemukan banyak aplikasi sejenis, dan tidak bisa dikatakan mana yang terbaik, jadi pada intinya adalah mana yang disukai dan mudah untuk digunakan maka itu adalah yang terbaik.

Instalasi Kdenlive di Ubuntu/Linux Mint
sudo add-apt-repository ppa:kdenlive/kdenlive-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install kdenlive
Instalasi Kdenlive di Archlinux
sudo pacman -S kdenlive 
Kdenlive sendiri sebenarnya mendukung hampir semua distro Linux, namun yang paling umum digunakan adalah distro tersebut, jika ingin mencoba pada dsitro lain, silahkan lihat pada halaman instalasi Kdenlive.

Untuk penggunannya memang sangat mudah, karena baik secara antarmuka maupun fitur yang ditawarkan memang memanjakan pengguna. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil terbaik tidaklah mudah, butuh waktu untuk belajar dan adaptasi serta untuk mengolah skill.

Mengenai hasil editing, jika memang user sudah mumpuni, Kdenlive mampu menghasilkan video yang bisa dikatakan berkelas. Tidak jauh berbeda dengan hasil render dari software sistem operasi lain.

Comments