Install PlayOnLinux 4.2.10 Di Ubuntu

PlayOnLinux merupakan sebuah software atau bisa dikatakan sebagai emulator yang mampu menjalankan program dengan ekstensi .exe (Windows) di Linux (Ubuntu, Fedora, etc). Secara umum, PlayOnLinux cukup membantu dalam hal menjalankan program Windows di Linux, meski tidak benar-benar 100% namun sudah lebih dari cukup sebagai sebuah tools/emulator.

PlayOnLinux sendiri banyak menjadi pilihan pengguna Linux untuk sekedar mencoba software atau game (terkadang juga digunakan secara permanen), hal ini tidak lepas dari kemudahan penggunaan serta fitur mumpuni yang ditawarkan.

Dalam sebuah kasus, bisa dikatakan bahwa PlayOnLinux merupakan sebuah jawaban untuk pengguna Linux yang ingin menjalankan program Windows. Misalnya saja ingin menjalankan MS. Office, IDM dan sebagainya. Walaupun sifatnya hanya sebagai mediator (sebut saja emulator) namun secara keseluruhan PlayOnLinux bisa dikatakan solusi yang tepat dan cukup memuaskan.

PlayOnLinux sendiri merupakan pengembangan atau katakanlah software yang dibangun dengan mengembangkan software sebelumnya, basis dari pengembangan PlayOnLinux ini adalah Wine yang memang sudah banyak dikenal dikalangan pengguna Linux.





Untuk versi terbarunya ini PlayOnLinux 4.2.10, banyak sekali pembaharuan yang dilakukan. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi penggunanya karena akan meminimalisir crash/error saat menjalankan software Windows. Dan disebutkan bahwa pada versi terbarnya ini juga sudah dilakukan perbaikan dalam hal shortcut software yang tentunya akan memudahkan pengguna karena bisa langsung menjalankan aplikasi Windows layaknya menggunakan sistem operasi Windows.

Keuntungan Menggunakan PlayOnLinux
Keuntungannya sudah jelas bahwa pengguna dapat menjalankan aplikasi/software dengan ekstensi .exe yang terkadang software tersebut memang tidak mendukung untuk sistem operasi Linux. Taruhlah jika sudah terbiasa menggunakan Photoshop, kemudian beralih menggunakan Linux dan ingin menggunakan Photoshop, maka menggunakan PlayOnLinux adalah pilihan tepat karena dapat membantu menjalankan software tersebut pada desktop Linux.

Kekurangan
Kekurangan mendasar menggunakan emulator (sebut saja demikian) adalah bahwa software/aplikasi yang dijalankan tidak benar-benar berjalan 100%, namun sudah lebih dari cukup sebagai sebuah emulator. Kekurangan lainnya adalah penggunaan resource komputer yang tinggi (jika spek rendah dan kapasitas disk kecil bisa menyebabkan blank/hang), telepas dari semua itu PlayOnLinux memang bisa dikatakan membantu dalam hal menjalankan software Windows.

Instalasi PlayOnLinux Di Ubuntu (Dan Turunannya)
sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps
sudo apt-get update
sudo apt-get install playonlinux

Atau, bisa dengan menggunakan file .deb yang bisa di download melalui situs resminya.
Download PlayOnLinux 4.2.10 

Comments