Install Flatabulous Theme Di Ubuntu

Ubuntu merupakan sebuah sistem operasi open source yang sudah tentu saja boleh untuk dikembangkan setiap penggunanya, hal ini tentu memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk berkreasi sehingga bisa menyesuaikan atau disesuaikan dengan keinginan masing-masing pengguna.

Salah satu hal sederhana yang bahkan siapapun mampu untuk melakukannya adalah dengan mengubah gaya atau tampilan dari Ubuntu, dalam hal ini bisa bermain script atau code pembangun maupun hanya sekedar bermain gambar/theme (tampilan). Secara default Ubuntu telah menawarkan antarmuka sederhana yang mudah dipahami setiap penggunanya, namun terkadang beberapa pengguna menginginkan hal lebih misalnya desain tampilan dibuat modern atau bahkan dengan berbagai tambahan.

Di internet sendiri terdapat banya theme yang tersedia untuk para pengguna Ubuntu, mulai dari yang sederhana hingga yang penuh dengan berbagai tambahan untuk membuat tampilan dekstop terlihat semakin menarik dan menyenangkan.

Salah satu theme atau model tampilan desktop yang sedang banyak digunakan atau di adopsi oleh beberapa vendor sistem operasi adalah model tampilan Flat Design, dimana rata-rata model ini menawarkan antarmuka yang benar-benar sederhana dan terlihat modern dimana banyak icon yang diubah dengan gaya modern dengan perpaduan warna-warna menarik.

Tren Flat Design ini sendiri mulai dikenalkan pada mobile, yang kemudian disusul desktop namun tidak semua mendukung secara default sehingga mengharuskan pengguna untuk berkreasi secara mandiri untuk mendapatkan tampilan desktop yang diinginkan.

Bagi Anda yang merasa bosan dengan tampilan default Ubuntu mungkin bisa mencoba menginstal atau menambahkan theme dengan gaya Flat Desing berikut ini untuk membuat tampilan desktop terlihat lebih modern.

Flatabulous sebuah theme pack yang dikembangkan dengan basis sistem linux debian, yang tentu saja mendukung untuk distro berbasis debian seperti Ubuntu, Linux Mint dan saudara-saudaranya. Menawarkan antarmuka dengan design modern yang tentu akan mengubah antarmuka default menjadi lebih menarik. Theme Flatabulous ini dikembangkan oleh Anmol Jagetia dan bebas digunakan oleh siapapun yang ingin menggunakannya.

Untuk instalasinya sendiri cukup mudah karena hanya perlu menambahkan repository theme tersebut dan menginstall tambahan-tambahan yang diperlukan.

Instalasi Flatabulous Theme Di Ubuntu
  • Pertama silahkan install Unity Tweak Tools terlebih dulu.
sudo apt-get install unity-tweak-tool
  • Kemudian jalankan perintah dibawah ini(satu-persatu).
wget -q -O - http://archive.getdeb.net/getdeb-archive.key | sudo apt-key add -
sudo sh -c 'echo "deb http://archive.getdeb.net/ubuntu xenial-getdeb apps" >> /etc/apt/sources.list.d/getdeb.list'
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak
Atau bisa dengan menggunakan perintah dibawah ini
sudo add-apt-repository ppa:noobslab/themes
sudo apt-get update
sudo apt-get install flatabulous-theme 

Sampai disini sebenarnya proses instalasi sudah selesai, namun ada beberapa yang mengatakan bahwa mereka mengalami error, tampilan sama saja (tidak ada perubahan), dan bahkan desktop menjadi blank (hanya berwarna hitam). Hal ini bisa disebabkan karena mungkin sistem operasi yang digunakan tidak mendukung atau karena terjadi galat saat instalasi.

Jika tampilan Flatabulous masih kurang sesuai, bisa ditambahkan repository flat icon untuk membuatnya tampil lebih menarik.

Install Flat Icon
sudo add-apt-repository ppa:noobslab/icons
sudo apt-get update
sudo apt-get install ultra-flat-icons
Alternatif bisa menggunakan perintah dibawah ini
sudo apt-get install ultra-flat-icons-orange 
Atau
sudo apt-get install ultra-flat-icons-green 

Setelah proses instalasi selesai, disarankan untuk me-restart komputer. Namun, dalam beberapa kasus tanpa me-restart komputer tampilan desktop sudah berubah.

Comments