Cara Install Xampp Di Ubuntu

Xampp, sebuah aplikasi web server yang mendukung cross platform dan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti instalasi web offline (biasanya developer/designer) atau aplikasi/software berbasis web. Xampp dibangun dan dikembangkan oleh Apache Friends dengan menyertakan server Apache, Maria DB, PHP serta pendukung lainnya.

Xampp sendiri merupakan sebuah aplikasi web server yang populer dikalangan pengguna semua sistem operasi dimana selain bebas untuk digunakan juga karena dukungan serta kemudahan dalam penggunaannya. Dalam beberapa hal/kasus, Xampp sering menjadi pilihan pertama untuk dijadikan sebagai web server sebuah aplikasi yang dibangun dengan basis web.

Di Linux sendiri Xampp lebih dikenal dengan istilah Lampp, meski demikian sebenarnya adalah sama hanya penamaan yang berbeda. Sebagian distro Linux ada yang sudah mendukung Xampp melalui auto installer dimana hal tersebut sangat memudahkan pengguna karena instalasi berjalan secara otomatis, namun akan berbeda dengan distro yang belum mendukung fitur tersebut.

Untuk instalasi sendiri cukup mudah, dan tidak jauh berbeda antara distro Linux satu dengan dsitro lainnya. Hanya saja terkadang ada sebagian pengguna yang mengalami masalah ketika instalasi, masalah-masalah yang sering muncul ini biasanya disebabkan sistem crash atau ada bagian yang dukungannya berbeda.

Berikut proses instalasi Xampp atau Lampp pada Linux (kebetulan saya menggunakan Ubuntu 14.04)
  • Download Xampp terlebih dulu. Download XAMPP
  • Sesuaikan tipe atau versi yang diinginkan.
  • Setelah proses download selesai, letakkan file XAMPP pada direktori Home.
  • Buka terminal/CLI kemudian jalankan baris perintah dibawah ini.
sudo chmod +x xampp-linux-x64-7.0.13-0-installer.run
sudo ./xampp-linux-x64-7.0.13-0-installer.run
  • Jika muncul pertanyaan saat instalasi, ketik Y kemudian enter.
  • Sampai disini sebenarnya proses instalasi sudah selesai, dan bisa mulai menjalankan XAMPP/LAMPP.
Untuk menjalankan XAMPP, gunakan baris perintah dibawah ini dan jalankan pada terminal/CLI.
sudo /opt/lampp/lampp start
Jika tidak terjadi error maka status Apache, MySQL dan lainnya adalah OK.

Kemudian untuk menghentikan atau menutup XAMPP gunakan baris perintah dibawah ini.
sudo /opt/lampp/lampp stop 
Sama seperti proses start, jika tidak terjadi error maka status Apache, MySQL dan lainnya adalah OK.

Jika seandainya proses start maupun stop terdapat error, maka ada beberapa bagian yang harus dilakukan pengubahan. Yang menjadi kendala, terkadang tidak semua mengalami error yang sama. Disini pengguna dituntut untuk jeli dan koneksi internet akan sangat membantu dalam mengatasi error tersebut.

Berikut beberapa error XAMPP yang sering muncul.
  • Tidak bisa menjalankan Apache. Solusinya adalah dengan mengarahkan direktori pada instalasi XAMPP/LAMPP. Kemudian restart Apache dengan menggunakan perintah berikut.
sudo /etc/init.d/apache2 stop   
sudo /opt/lampp/lampp start

  • PHPmyadmin tidak bisa diakses. Solusinya adalah dengan memberikan hak akses pada file httpd-xampp.conf, ubah atau berikan komen pada isi file asli (sebagai backup) selanjutnya input baris perintah dibawah ini kemudian simpan.
<Directory "/opt/lampp/phpmyadmin">
    AllowOverride AuthConfig Limit
    Require all granted
    ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var
</Directory>

Jika beruntung maka error sudah teratasi, namun dari pengalaman ada yang mengalami error sampai 4-6 bagian, untuk itu koneksi internet akan sangat membantu dalam mengatasinya.

Kembali ke awal, yaitu file instalasi yang di download, ada baiknya diganti nama agar menjadi lebih mudah, misalnya xampp-linux-x64-7.0.13-0-installer.run diganti menjadi xampp.run. Hal ini hanya opsional saja, namun cukup membantu karena lebih mudah penulisannya.

Dan jika menemui error saat instalasi, jangan langsung putus asa, gunakan koneksi internet untuk mencari solusi error tersebut. Ada banyak situs lain yang membahas mengenai error instalasi Xampp.

Comments