Alternatif Aplikasi Facebook Untuk Android

Android, sebuah sisem operasi open source yang saat ini berada pada jajaran atas sebuah sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan. Keadaan tersebut membuat banyak vendor  atau sebut saja sebuah perusahaan baik aplikasi, game maupun sosial media terus mengembangkan platform untuk mendukung layanannya dapat dijalankan dengan mudah melalui Android.

Namun, faktanya masih banyak aplikasi dari perusahaan besar yang bahkan bisa dikatakan menyebabkan kinerja HP/Mobile menurun karena resource yang digunakan cukup besar saat aplikasi tersebut dijalankan.

Facebook, hampir semua kalangan usia mengenal jejaring sosial yang satu ini. Jejaring sosial yang tidak hanya digunakan untuk ajang pertemanan melainkan juga merambah pada edukasi/team/kelompok dan bahkan usaha. Facebook sendiri tidak ketinggalan menyediakan aplikasi berbasis Android untuk para penggunanya, meski secara umum Facebook dapat diakses melalui browser yang bahkan lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Facebook mobile.

Aplikasi Facebook mobile memang bisa dikatakan cukup memudahkan pada penggunanya, karena memang lebih simple jika dibandingkan harus membuka browser terlebih dulu. Terlebih Facebook memberikan fitur notifikasi melalui aplikasi tersebut sehingga semakin memanjakan pengguna. Namun, sangat disayangkan karena ternyata aplikasi Facebook termasuk golongan aplikasi yang bisa menurunkan kinerja mobile/HP. Aplikasi ini berjalan pada background dan memakan resource yang cukup besar, sehingga menyebabkan device/HP terkadang menjadi sedikit lambat tanpa disadari.

Mengatasi hal seperti ini sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menghapus aplikasi Facebook tersebut dan menggantinya dengan aplikasi yang sepadan. Memang tidak bisa dikatakan akan semudah dan se simple saat menggunakan aplikasi Facebook (hasil dari survey membuktikan bahwa banyak pengguna lebih menyukai aplikasi Facebook), namun ini merupakan salah satu alternatif yang layak untuk dicoba.

UC Browser, sebuah aplikasi web browser yang dikembangkan berbasis chrome menawarkan kemudahan pengguna dan menawarkan sebuah fitur layaknya aplikasi Facebook. Dimana UC Browser juga menawarkan adanya notifikasi dan sebagainya seperti apa yang ditawarkan aplikasi Facebook meski tidak sepenuhnya sama.

Jika belum terbiasa menggunakan UC Browser, memang akan terlihat berbeda bahkan kurang nyaman, namun sebenarnya akan sama saja dan jauh lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan aplikasi bawaan.

Jika kurang nyaman dengan adanya fitur notifikasi Facebook yang dihadirkan UC Browser, pengguna (Anda) dapat mematikan fitur tersebut dan tidak akan ada notifikasi apapun dari Facebook. Yang paling menguntungkan dari penggunakan UC Browser adalah bahwa proses akses Facebook jauh lebih cepat dan lebih ringan jika dibandingkan ketika menggunakan aplikasi Facebook.

Kekurangan menggunakan UC Browser untuk Facebook
Kekurangan sebenarnya hampir tidak ada karena bisa dikatakan sama saja dengan saat menggunakan aplikasi Facebook mobile, hanya saja mungkin karena faktor kebiasaan serta antarmuka yang ditawarkan menyebabkan perbedaan yang terlihat mencolok.

Namun, sebenarnya sama saja karena baik fitur akses maupun notifikasi akan sama. Terlebih lagi antarmuka yang ditawarkan UC Browser kurang lebih sama dengan versi desktop jadi akan mudah dipahami.

Jika tertarik untuk mencoba, silahkan unduh UC Browser melalui playstore kemudian login Facebook melalui UC Browser dan aktifkan fitur notifikasi/pemberitahuan Facebook untuk mendapat pemberitahuan dari Facebook melalui UC Browser.

Comments