Mengenal Syntax-syntax Dasar Pada Ubuntu/Linux

Anda masih baru di dunia Ubuntu/Linux? Jika itu benar, maka kemungkinan anda mengalami kesulitan menggunakan Terminal (CLI) pada Ubuntu/Linux. Apakah memang sesulit itu menggunakan terminal di Ubuntu/Linux? Jawabannya, tidak.

Ubuntu/Linux tersedia versi desktop, yang artinya akan mempermudah penggunanya karena tidak harus selalu berhubungan dengan Terminal. Namun, tidak ada salahnya jika ingin belajar menggunakan terminal Ubuntu/Linux sekedar untuk belajar atau bahkan berjaga-jaga jika suatu saat dibutuhkan.

Pada artikel ini tidak dibahas secara lengkap tentang perintah atau Syntax yang ada pada Ubuntu/Linux, akan tetapi anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Misalkan saja anda menggandakan sebuah file bernama contoh.txt ke desktop, maka perintah yang anda ketik pada terminal adalah seperti dibawah ini.

cp contoh.txt ~/Desktop

CP adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menggandakan (copy) file, biasanya perintah ini digunakan untuk hal-hal yang sederhana.

Lalu, bagaimana dengan Syntax yang lain?

Untuk Syntax Ubuntu/Linux yang lain silakan unduh melalui link dibawah ini.

Comments

  1. mas hasan telat nge-share nih, kenapa gak dari kemarin pas aku lagi butuh. tapi sepertinya yang di share sama mas hasan lebih lengkap dari yang aku download kemarin.

    ReplyDelete
  2. biar telat yang penting di share kan. hehe.........

    ReplyDelete
  3. dulu sepertinya sudah pernah share yang seperti ini mas, oh ya, kenapa tidak ngomong mas hasan pindahan. pantas saja saya lihat situs yang lama sudah tidak update lagi

    ReplyDelete
  4. maaf karena tidak ada pemberitahuan, blog yang lama sudah pindah tangan dan baru membuat situs ini satu atau dua pekan yang lalu.

    ReplyDelete
  5. tidak apa2 mas, yang penting sekarang aku sudah tau situs yang mas hasan kelola ini

    ReplyDelete
  6. yup, ketimbang gak sama sekali ^_^

    ReplyDelete
  7. Hasan. misalnya aku mau bertanya tentang sesuatu dan belum ada di website ini apa gak ada kontak yang bisa dihubungi

    ReplyDelete
  8. cek disini mas http://www.geropos.com/p/about.html

    ReplyDelete

Post a Comment